REKONTEKSTUALISASI KONSEP MATEMATIKA BERBASIS PRIMBON PETUNGAN (NASKAH KUNO INDRAMAYU)

Nugraha, Azi and Septianawati, Tia and Anggara, Benny (2024) REKONTEKSTUALISASI KONSEP MATEMATIKA BERBASIS PRIMBON PETUNGAN (NASKAH KUNO INDRAMAYU). ALGORITMA: Journal of Mathematics Education, 6 (1). pp. 14-30. ISSN 2654-9948

[thumbnail of 40356-129198-2-PB__77f25d6f.pdf] Text
40356-129198-2-PB__77f25d6f.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Input kognitif sebagai stimulus dalam mengembangkan keterampilan berpikir matematis siswa perlu dikembangkan melalui rekontekstualisasi konsep pada aktivitas belajar yang lebih bermakna. Eksplorasi terhadap nilai-nilai kehidupan yang berkembang di masyarakat salah satunya Primbon Petungan Indramayu. Tujuan dari penelitian ini adalah melakukan rekontekstualisasi konsep matematika yang berbasis hasil eksplorasi Primbon Petungan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan desain penelitian etnografi. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari budayawan, guru matematika, dan siswa di Kabupaten Indramayu. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh bahwa bagian dari Primbon Petungan Indramayu yaitu Dina Labuan memiliki keterkaitan dengan konsep peluang. Penentuan hari baik menggunakan prinsip Dina Labuan dijadikan sebagai dasar dalam mengembangkan rekontekstualisasi konsep peluang yang diintegrasikan dalam beberapa aktivitas belajar. Aktivitas belajar tersebut dilengkapi dengan prediksi respon dan alternatif antisipasi yang dapat dilakukan oleh guru sehingga dapat menjadi desain pembelajaran yang dapat digunakan oleh guru matematika dalam mengajarkan konsep peluang.

Item Type: Article
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Benny Benny Anggara
Date Deposited: 11 Aug 2025 02:44
Last Modified: 11 Aug 2025 02:44
URI: https://repositori.uskm.ac.id/id/eprint/53

Actions (login required)

View Item
View Item